CSR (Corporate Social Responsibility) Pengertian dan Jenisnya

Definisi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) adalah mekanisme kelembagaan untuk dengan sengaja mengintegrasikan lingkungan sosial ke dalam proses dan interaksi kami dengan para pemangku kepentingan yang melampaui tanggung jawab sosial hukum.

Simple Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan lingkungan.

Sama seperti melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membangun layanan publik,

Hibah beasiswa untuk anak-anak yang kurang beruntung dan memberikan bantuan keuangan untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.

Pada dasarnya, CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan atau pemangku kepentingan, di mana para ahli melaporkan bahwa ada 3 definisi CSR, yaitu:

Tindakan sosial, termasuk kepedulian lingkungan, melampaui apa yang disyaratkan atau disyaratkan oleh hukum.
Komitmen bisnis bersifat etis, beroperasi secara legal, dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi, yang dilengkapi dengan kualitas hidup karyawan, termasuk keluarga, komunitas, dan masyarakat secara keseluruhan.
Komitmen untuk bekerja untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan, dan bekerja dengan staf perusahaan. Keluarga yang bekerja, komunitas regional tertentu dan masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.
Lihat juga: Formulir penjelasan teks
CSR terkait erat dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development), di mana perusahaan harus mendasarkan keputusannya pada pelaksanaan kegiatannya

Tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi (keuntungan), tetapi juga dampak sosial dan lingkungan yang mungkin harus diperhitungkan dalam keputusan tersebut.

CSR (Fungsi CSR)

Secara umum, fungsi CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan untuk berbagai pihak yang terlibat atau secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kegiatan perusahaan.

Lebih memperhatikan partai-partai ini. Pada saat yang sama, jika CSR meninggalkan perusahaan dengan fungsi tambahan, termasuk:

1. Izin sosial untuk bekerja
Bagi suatu perusahaan, perusahaan adalah salah satu faktor yang memaksa perusahaan untuk pindah atau bahkan sebaliknya.

Menggunakan CSR akan sangat bermanfaat bagi masyarakat jika perusahaan memiliki lingkungan mereka.

Kemudian masyarakat akan merasakan manfaatnya dan seiring waktu mereka akan merasa memiliki bisnis.

Jika demikian, perusahaan akan lebih bebas jika dapat mengelola bisnisnya di wilayah tersebut.

2. Mengurangi risiko perusahaan perdagangan
CSR akan meningkatkan hubungan antara perusahaan dan para pemangku kepentingannya untuk mengurangi risiko bisnis, seperti kecemasan bisnis.

Jika demikian, biaya transfer risiko kepada perusahaan dan publik dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

3. Perluas akses ke sumber daya
Corporate Social Responsibility (CSR), jika dikelola dan dikelola dengan baik, akan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan

Yang nantinya dapat membantu perusahaan membuka jalan untuk sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.

Sumber: https://pakguru.co.id/csr