Gerakan Mudah yang Ampuh Meringankan Sakit Leher

Nyeri leher biasanya terjadi karena ketegangan pada otot di sekitar leher. Ini juga dapat disebabkan oleh postur leher yang tidak tepat. Postur leher sebenarnya dibentuk oleh kebiasaan harian Anda, terlepas dari apakah posisi duduk atau berjalan tidak baik, sehingga memengaruhi postur leher. Lantas bagaimana cara memperbaiki postur leher agar leher tidak sakit lagi?

Gerakan “senam” mudah untuk meredakan nyeri leher

Ada beberapa gerakan mudah dan sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mengembalikan leher Anda ke normal dan normal, sehingga leher Anda tidak sakit lagi. Inilah gerakannya:

1. Gerakan dagu

Berdiri tegak dan lurus, lalu letakkan telapak tangan di dada, tetapi ibu jari menyentuh dagu. Kemudian gerakkan kepala Anda ke belakang agar sejajar dengan tulang belakang. Gerakan ini akan membuat dagu ganda (lipat dagu) terlihat. Kemudian gerakkan kembali kepala Anda sampai dagu Anda menyentuh ibu jari Anda. Ulangi selama 5-10 gerakan sekaligus.

2. Gerakan lengan ayun

Gerakan ini dapat dilakukan ketika Anda bersantai di rumah atau ketika Anda memiliki waktu luang. Pertama-tama, berdiri. lalu, angkat kedua tangan sejajar dengan dada Anda dan lipat sendiri. Ayunkan lengan menyentuh ke kanan, sejajar dengan bahu. Kemudian tahan posisi itu selama beberapa saat dan nyalakan lengan lainnya.

3. Gerakan ke bawah

Coba letakkan telapak tangan di belakang kepala, lalu dorong kepala ke bawah dengan tangan. Selanjutnya, tahan posisi selama 30 detik dan lakukan 3 kali atau lebih.

4. Gerakan lateral

Untuk meregangkan otot leher, Anda bisa mencoba gerakan ini. Mulailah dengan membungkus tangan kanan Anda di atas kepala Anda sampai jari-jari Anda mencapai telinga Anda. Kemudian tarik kepala ke kanan dan tahan selama 30 detik. Ulangi 3 kali dan bergantian dengan sisi kiri.

5. Gerakan bahu belakang

Anda harus duduk tegak dengan kaki di lantai dan lutut Anda membentuk 90 derajat. Tempatkan tangan Anda di samping tubuh Anda dan kemudian tarik bahu Anda ke belakang sehingga dada Anda bengkak. Tahan posisi ini selama 3 detik dalam hitungan. Bergerak setidaknya 10 kali.

6. Gerakan tangan memanjang

Luruskan tangan Anda, lalu tarik menjadi satu. Tahan selama sekitar 30 detik. Lakukan setidaknya setiap 2 jam sekali, terutama jika aktivitas Anda duduk sepanjang hari di depan layar.

Semua gerakan ini akan membantu mengurangi gejala nyeri leher yang terjadi, karena akan meregangkan semua otot yang ada di sekitar leher. Untuk mencegah sakit leher, Anda juga harus melakukan olahraga teratur.

Baca juga :