Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

lanais.co.id – Apakah Anda setuju dengan pernyataan bahwa berenang adalah olahraga yang murah dan menyenangkan? Berenang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama jika dilakukan secara teratur.

Berikut 10 manfaat kesehatan dari berenang yang bisa Anda pertimbangkan sebagai olahraga rutin. Cobalah!

1. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Bagi mereka yang melakukan rutinitas yang kebanyakan berdiri di sekolah atau di kantor, berenang bisa menjadi latihan rutin Anda. Selama berenang, otot-otot dan tulang diperkuat ketika semua otot bergerak dan membentuk sepenuhnya. Anda tidak dapat menggerakkan seluruh tubuh Anda hanya dengan mengayuh atau berlari.

2. Jantung sehat dan paru-paru sehat

Gerakan selama berenang dapat membuat aliran darah lebih mudah dan pernapasan dilatih lebih kuat dengan sendirinya lebih lama. Studi Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India menemukan bahwa ketika respirator rileks, perenang menyuntikkan dan melepaskan lebih banyak udara ke paru-paru daripada pelari.

3. Selain pelatihan kardio

Anda harus terus bergerak untuk berenang. Jika tidak, Anda bisa tenggelam. Latihan yang terus menerus ini adalah latihan kardio.

4. menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, berenang secara teratur. Jika Anda berenang selama setengah jam, tubuh Anda membakar setidaknya 200-300 kalori. Tetapi semua ini harus didukung oleh gaya hidup sehat lainnya, bukan?

5. Menambah tinggi badan

Membiasakan berenang selama fase pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan Anda. Berenang sangat berguna untuk pertumbuhan otot dan pertumbuhan tulang.

6. Singkirkan stres dan depresi

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa lebih tenang menyentuh air hati Anda. Selain itu, Anda akan merasa rileks saat berenang dan suasana hati meningkat. Selama berenang, otot-ototnya tegang dan rileks, disertai dengan teknik pernapasan simultan. Jadi berenang bisa mengurangi stres dan depresi.

7. Meningkatkan keseimbangan

Berenang adalah tentang keseimbangan. Kedua tangan dan kaki bergerak dan mengembangkan otot-otot di perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membantu memperpanjang serat otot dan ligamen. Secara umum, orang yang berenang secara teratur memiliki keseimbangan yang stabil.

8. Mengurangi risiko diabetes

Risiko diabetes dapat dikurangi karena berenang dapat membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu selama 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Jadi Anda bisa benar-benar bebas dari diabetes.

9. Lakukan muda

Berenang bisa membuat Anda bugar di usia tua, dan usia bisa lebih lama. Menurut penelitian oleh University of Indiana, berenang mempengaruhi tekanan darah, kolesterol dan kesehatan jantung dan pembuluh darah, sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot dan komposisi darah yang sama yang ditemukan dalam orang yang lebih muda. Dan jika Anda berenang secara teratur, Anda akan melihat usia 20 tahun lebih muda.

10. Mendidik otak

Menurut sebuah penelitian di Journal of Physiology, aliran darah ke otak naik hingga 14% ketika pria melemparkan diri ke jantung dalam air. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada terkait dengan itu.

Nah, apakah sudah jelas sekarang? Bagaimana? Apakah Anda ingin berenang olahraga teratur? Tunggu sebentar, olahraga ini harus disertai dengan gaya hidup sehat dan diet sehat sehingga manfaatnya maksimal. Semangat hidup sehat!

Baca Lainnya:

Mengenal Teknologi Honda Cb150r Streetfire 2018

Penyebab Penyakit Leptospirosis Gejala Dan Pengobatannya