Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Memahami pangsa pasar

Pangsa pasar adalah bagian dari semua permintaan untuk produk yang mencerminkan kelas konsumen tergantung pada segmen pasar mereka.

Klasifikasi konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar atau pangsa pasar adalah bagian dari pasar yang dikendalikan oleh perusahaan, dan semua penjualan potensial biasanya dinyatakan dalam persentase.

Pangsa pasar adalah persentase total penjualan perusahaan dari semua sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) di industri tertentu.
Cara mengetahui ukuran pasar

Untuk mengetahui dan menentukan ukuran pasar dan pangsa pasar, diperlukan riset pasar yang memadai. Akibatnya, wirausahawan harus bisa menentukan target pasar sehingga mereka bisa melihat potensi pasar.

Selain itu, setelah Anda mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar sasaran, langkah selanjutnya adalah mencari tahu siapa pesaing di pasar dan berapa banyak pasar yang telah mereka kuasai.

Perusahaan yang mengembangkan rencana strategis harus mengembangkan strategi pemasaran dan mempersempit segmen produk agar promosi dapat ditargetkan.

Misalnya, perusahaan yang bergerak dalam produksi minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnis di pasar minuman, tetapi harus lebih fokus. Misalnya, minuman kopi, teh, rasa buah dan sebagainya.

Bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar

Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Memahami arti pangsa pasar atau pangsa pasar sangat penting. Alasannya adalah, mengetahui target pasar, perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta meramalkan pasar. Memahami untung dan rugi perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Dengan demikian, suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, seperti mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi, mengubah cara distribusi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar ketika perusahaan memulai bisnis. Berikut ini adalah tips singkat:

  1. Pilih bisnis yang masih relatif baru dan tidak dikelola oleh banyak perusahaan lain.
  2. Pastikan bahwa perusahaan akan berhasil dalam bisnis yang dikelolanya.
  3. Tetapkan visi dan misi perusahaan mengenai tujuan bisnis di masa depan.
  4. Pertimbangkan kekuatan pesaing dalam industri yang sama.
  5. Perhatikan pergerakan harga di industri target dan tentukan harga yang paling tepat.
  6. Buat dan buat jaringan pasar untuk membuat bisnis Anda lebih besar.

Mengukur kesuksesan perusahaan di pasar

Pangsa pasar adalah persentase penjualan yang didaftarkan oleh perusahaan dari total penjualan rekan pesaing di industri tertentu. Artinya, pangsa pasar adalah salah satu indikator yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur keberhasilannya dibandingkan dengan pesaing.

Sebagai contoh, perusahaan pada tahun 2008 memiliki target pangsa pasar 10% dari total pasar. Untuk mencapai target pasar, papan iklan Rp. Diperlukan 40 juta. Jika ternyata pangsa pasar lebih dari 10% (misalnya, 12%), ini berarti bahwa kinerja perusahaan berjalan dengan baik.

Baca Juga :